Determinasi Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2023
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v4i12.2372Keywords:
Profitabilitas;, Leverage;, Ukuran Perusahaan;, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah profitabilitas, leverage, dan nilai perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019 – 2023. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 – 2023. Terdapat 18 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel bebas yang digunakan adalah profitabilitas, leverage, dan nilai perusahaan, sedangkan variabel terikatnya adalah nilai perusahaan. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi program Eviews 13. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel profitabilitas, leverage, dan nilai perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aang Syahdina, Ikhsan Tri Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.