Analisis Data Kunjungan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Haurngombong Periode Bulan Januari – Juli 2021

Authors

  • Rini Maulidayanti Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia
  • Irda sari Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i11.241

Keywords:

kunjungan, puskesmas, pelayanan, rekam medis

Abstract

Latar Belakang: Data pasien adalah data yang diperoleh dari klien atau pasien yang dapat dijadikan dasar oleh tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan atau pelayanan kesehatan. Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Pelayanan kesehatan adalah upaya yang dilakukan oleh suatu organisasi baik secara sendiri atau bersama-sama untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan perseorangan, kelompok dan ataupun masyarakat.

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa  yang mempengaruhi kunjungan pasien terhadap Puskesmas Hurngombong.

Metode: Metode yang dilakukan Analisa Kuantitatif Deskriptif dengan menjelaskan data kunjungan pasien di Puskesmas Haurngombong

Hasil: Menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan dan penurunan kunjungan pasien di Puskesmas Haurngombong.

Kesimpulan: Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan dan penurunan kunjungan pasien di Puskesmas Haurngombong itu sendiri terdiri dari virus COVID-19, kurangnya ketersediaan obat dan kecepatan pelayanan.

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Maulidayanti, R., & sari, I. . (2021). Analisis Data Kunjungan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Haurngombong Periode Bulan Januari – Juli 2021. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(11), 1568–1573. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i11.241