Strategi Manajemen Peningkatan Mutu Peserta Didik MTS Miftahussalam 1 Wonosalam Demak

Authors

  • Muthofi’ah Muthofi’ah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Sukarman Sukarman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Achmad Chusairi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Lutfi Aula Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i1.2410

Keywords:

Manajemen Mutu Pendidikan;, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan;, MTS Miftahussalam 1

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu tantangan utama dalam dunia pendidikan, khususnya di madrasah. MTS Miftahussalam 1 Wonosalam Demak menghadapi tuntutan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen peningkatan mutu peserta didik yang diterapkan di madrasah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang melibatkan analisis data dari buku, jurnal, dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan mutu peserta didik dilakukan melalui beberapa langkah strategis, antara lain peningkatan profesionalitas guru melalui pelatihan berkelanjutan, pengembangan kurikulum yang relevan dengan nilai-nilai keislaman dan perkembangan teknologi, dukungan fasilitas dari pemerintah, kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan manajemen berbasis sekolah yang terstruktur dan berkelanjutan untuk memastikan mutu pendidikan tetap terjaga. Strategi yang diidentifikasi dapat menjadi model bagi madrasah lain dalam meningkatkan mutu pendidikan di tengah tantangan global.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Muthofi’ah, M., Sukarman, S., Chusairi, A. ., & Aula, L. . (2025). Strategi Manajemen Peningkatan Mutu Peserta Didik MTS Miftahussalam 1 Wonosalam Demak. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1), 368–375. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i1.2410