Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Muhammad Rafly Syahlan Nizammuddin Universitas Negeri Surabaya
  • Ria Septiana Jaelani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i1.2428

Keywords:

Kepemimpinan, Kinerja Guru, Peran Kepala Sekolah

Abstract

Sekolah adalah tempat bagi seseorang untuk berkembang menjadi lebih baik dengan landasan keilmuan, sehingga sekolah perlu dikelola dengan baik agar mampu menghasilkan individu-individu berkualitas. Peran kepala sekolah di lembaga ini tidak hanya sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai pendukung dan pendamping yang baik bagi seluruh pemangku kepentingan. Artikel ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan desain kualitatif, yang memungkinkan peneliti mengumpulkan berbagai sumber informasi yang relevan dari literatur yang ada. Populasi dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah dan guru di berbagai sekolah, sementara sampel diambil secara purposive dari sejumlah studi kasus yang dianggap representatif. Teknik analisis data menggunakan analisis konten untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait kepemimpinan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah merupakan jenis kepemimpinan yang mampu menghadirkan perubahan melalui pendekatan sederhana, namun tetap membuat seluruh staf merasa dihargai dan dihormati. Oleh karena itu, kinerja guru yang optimal sangat bergantung pada peran strategis kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah. Kepala sekolah perlu mampu membimbing guru, memberikan motivasi, membangun kedekatan, serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk mencapai tujuan yang selaras dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Kesimpulannya, peran kepala sekolah sangat krusial dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kinerja guru, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap kualitas pendidikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan perlunya pelatihan dan pengembangan kepemimpinan bagi kepala sekolah agar mereka dapat menjalankan peran ini secara efektif, serta pentingnya kolaborasi antara kepala sekolah dan guru untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Syahlan Nizammuddin, M. R., & Septiana Jaelani, R. . (2025). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1), 112–120. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i1.2428