Kepuasan Pelanggan : Indikator Mutu Pendidikan

Authors

  • Noor Khalidah Universitas Lambung Mangkurat
  • Rifa’atul Mahmudah Universitas Lambung Mangkurat
  • Citra Ayu Dewi Yulistiadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Aslamiah Universitas Lambung Mangkurat
  • Celia Cinantya Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i2.2429

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Manajemen Mutu Total, Pendidikan

Abstract

Studi ini menyoroti pentingnya kepuasan pelanggan sebagai indikator utama kualitas pendidikan dalam konteks Total Quality Management (TQM). Dengan memahami kebutuhan dan harapan pelanggan, lembaga pendidikan dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Dengan berfokus pada kepuasan pelanggan, lembaga pendidikan dapat memastikan bahwa kualitas pendidikan yang diberikan selalu terjaga dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Metode dalam artikel ini menggunakan penelitian kepustakaan, yaitu metode pengumpulan data dengan memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dalam pendidikan penting untuk diperhatikan, sebenarnya mutu pendidikan harus mencakup aspek yang lebih luas. Dengan meminta masukan dari pemangku kepentingan dan menerapkan perubahan berdasarkan saran mereka, lembaga pendidikan dapat memastikan bahwa mereka telah memenuhi kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan. Begitu pula RATER dalam kepuasan pelanggan menyoroti bahwa pelayanan prima memegang peranan besar dibandingkan kualitas produk dan harga. Dalam konteks pendidikan, analisis ini dapat dikaitkan dengan bagaimana layanan pendidikan mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan (siswa, orang tua, dan masyarakat).

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Khalidah, N., Mahmudah, R., Dewi Yulistiadi, C. A., Aslamiah, & Cinantya, C. (2025). Kepuasan Pelanggan : Indikator Mutu Pendidikan . Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(2), 755–770. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i2.2429