Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Strategis, Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Roxy
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i2.2503Keywords:
kualitas pelayanan, lokasi strategis, kelengkapan produk, kepuasan konsumenAbstract
Salah satu aspek penting dalam menjaga loyalitas konsumen adalah kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di apotek, yaitu kualitas pelayanan, lokasi strategis, dan kelengkapan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang dipilih secara acak. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 4 untuk mengetahui bagaimana hubungan variabel independent dan dependen berhubungan satu sama lain, dan untuk menguji validitas dan reliabilitas model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu kualitas pelayanan, lokasi strategis, dan kelengkapan produk. Dibandingkan dengan tiga faktor lainnya, kelengkapan produk menjadi faktor dominan berdasarkan hasil nilai t-statistik dan nilai P-Value yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibandingkan dengan faktor yang lain. Apotek Roxy dapat menggunakan temuan ini untuk merancang strategi operasional dan pemasaran, seperti memastikan semua produk tersedia, memilih lokasi yang mudah diakses, dan meningkatkan layanan melalui pelatihan karyawan. Dengan menggunakan strategi yang didasarkan pada temuan ini, diharapkan Apotek Roxy dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan loyalitas konsumen.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azizah Shabina, Nayla Azalia, Aulia Rafadila Aria, Bida Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.