Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Strategis, Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Roxy

Authors

  • Azizah Shabina Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Persada Indonesia YAI
  • Nayla Azalia Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Persada Indonesia YAI
  • Aulia Rafadila Aria Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Persada Indonesia YAI
  • Bida Sari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Persada Indonesia YAI

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i2.2503

Keywords:

kualitas pelayanan, lokasi strategis, kelengkapan produk, kepuasan konsumen

Abstract

Salah satu aspek penting dalam menjaga loyalitas konsumen adalah kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di apotek, yaitu kualitas pelayanan, lokasi strategis, dan kelengkapan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang dipilih secara acak. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 4 untuk mengetahui bagaimana hubungan variabel independent dan dependen berhubungan satu sama lain, dan untuk menguji validitas dan reliabilitas model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu kualitas pelayanan, lokasi strategis, dan kelengkapan produk. Dibandingkan dengan tiga faktor lainnya, kelengkapan produk menjadi faktor dominan berdasarkan hasil nilai t-statistik dan nilai P-Value yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dibandingkan dengan faktor yang lain. Apotek Roxy dapat menggunakan temuan ini untuk merancang strategi operasional dan pemasaran, seperti memastikan semua produk tersedia, memilih lokasi yang mudah diakses, dan meningkatkan layanan melalui pelatihan karyawan. Dengan menggunakan strategi yang didasarkan pada temuan ini, diharapkan Apotek Roxy dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan loyalitas konsumen.

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Shabina, A., Azalia, N. ., Aria, A. R. ., & Sari, B. . (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Strategis, Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Roxy. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(2), 687–698. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i2.2503