Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Keterampilan Kerja Sama Siswa Kelas II di Sekolah XYZ Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i5.2542Keywords:
Think Pair Share, keterampilan menulis, kerja samaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menulis dan kerja sama siswa kelas II di Sekolah XYZ Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa keterampilan menulis siswa masih rendah, dengan 76,92% siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pra-siklus. Metode TPS diharapkan dapat meningkatkan interaksi antar siswa dan memfasilitasi proses belajar menulis. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus melibatkan observasi, refleksi, dan penilaian keterampilan menulis serta kerja sama siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa, dari 61,53% pada siklus pertama menjadi 76,92% pada siklus kedua. Selain itu, kerja sama antar siswa juga mengalami peningkatan yang positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode TPS efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendukung pengembangan keterampilan sosial serta akademik siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Magdalena Tri Hartina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.