Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Keterampilan Kerja Sama Siswa Kelas II di Sekolah XYZ Bandar Lampung

Authors

  • Maria Magdalena Tri Hartina Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i5.2542

Keywords:

Think Pair Share, keterampilan menulis, kerja sama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan menulis dan kerja sama siswa kelas II di Sekolah XYZ Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa keterampilan menulis siswa masih rendah, dengan 76,92% siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pra-siklus. Metode TPS diharapkan dapat meningkatkan interaksi antar siswa dan memfasilitasi proses belajar menulis. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus melibatkan observasi, refleksi, dan penilaian keterampilan menulis serta kerja sama siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa, dari 61,53% pada siklus pertama menjadi 76,92% pada siklus kedua. Selain itu, kerja sama antar siswa juga mengalami peningkatan yang positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode TPS efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendukung pengembangan keterampilan sosial serta akademik siswa.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Tri Hartina, M. M. (2025). Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Keterampilan Kerja Sama Siswa Kelas II di Sekolah XYZ Bandar Lampung. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5), 1963–1982. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i5.2542