Studi Validasi dan Reliabilitas Butir Soal Tes Sumatif dalam Pendidikan Bahasa Arab

Authors

  • M. Baihaqi Universitas Sunan Ampel
  • Mahmudah Universitas Sunan Ampel
  • Ahmad Jundi Al Mubarak Universitas Telkom Surabaya
  • Nabilah Rabbaniyah Universitas Telkom Surabaya
  • Dwi Susanto Universitas Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i4.2553

Keywords:

Reliabilitas, Soal, Sumatif, Validitas

Abstract

Penilaian sumatif sangat penting dalam mengevaluasi hasil belajar siswa, namun efektivitasnya bergantung pada validitas dan reliabilitas butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas butir soal sumatif dalam pendidikan Bahasa Arab untuk siswa kelas XII di SMK Maarif NU Sunan Giri Driyorejo, mengatasi kesenjangan dalam analisis sistematis butir soal yang sering diabaikan oleh pendidik. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode ex post facto, data dikumpulkan dari 30 soal pilihan ganda yang diujikan kepada 60 siswa dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil menunjukkan bahwa 28 butir soal valid, sedangkan 2 tidak valid, dengan koefisien reliabilitas 0,742, menandakan instrumen yang sangat konsisten. Temuan ini menegaskan pentingnya analisis rutin butir soal untuk memastikan keselarasan dengan tujuan pembelajaran dan standar kurikulum. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi guru untuk menyempurnakan alat penilaian, sehingga meningkatkan akurasi dan kualitas evaluasi pendidikan.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Baihaqi, M., Mahmudah, M., Al Mubarak, A. J. ., Rabbaniyah, N. ., & Susanto, D. . (2025). Studi Validasi dan Reliabilitas Butir Soal Tes Sumatif dalam Pendidikan Bahasa Arab. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 1530–1542. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i4.2553