Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Tempat Pelayanan Pendaftaran di Puskesmas Sugih Mukti Ciwidey Bandung 2021

Authors

  • Fitri Nurfauziah Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Santi Hanapiah Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
  • Syaikhul Wahab Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i12.261

Keywords:

kepuasan pasien, pelayanan pendaftaran, pasien

Abstract

Latar Belakang: Tempat pendaftaran merupakan pelayanan pertama yang diterima oleh pasien yang dapat menentukan kepuasan pasien dan keinginan pasien untuk memperoleh pelayanan selanjutnya.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan di tempat pendaftaran pasien.

Metode: Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi yang digunakan adalah semua pasien yang berobat dan telah mendapatkan pelayanan di tempat pendaftaran pada bulan Januari – Mei tahun 2021, yaitu sejumlah 3.911 pasien. Berdasarkan hasil perhitungan rumus slovin, sampel yang digunakan adalah 100 pasien yang dipilih secara random. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner  dan  observasi.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas pasien puas terhadap pelayanan pendaftaran di Puskesmas Sugih Mukti, namun masih ada unsur yang harus dilakukan suatu upaya peningkatan kualitas pelayanan yaitu kenyamanan pasien saat berada di ruang tunggu.

Kesimpulan: Kesimpulannya tinjauan kepuasan pasien terhadap tempat pelayanan pendaftaran pasien di Puskesmas Sugih Mukti secara normatif mayoritas sudah mencapai tingkat puas.

Downloads

Published

2021-12-18

How to Cite

Nurfauziah, F., Hanapiah, S., & Wahab, S. (2021). Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Tempat Pelayanan Pendaftaran di Puskesmas Sugih Mukti Ciwidey Bandung 2021. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), 1754–1761. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i12.261