Pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan Catering X Terhadap Kepuasan Karyawan PT XYZ Area Kundur
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i9.2738Keywords:
kualitas makanan, kualitas pelayanan, kepuasan karyawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas makanan dan kualitas pelayanan Catering Dapur X terhadap kepuasan karyawan PT XYZ Area Kundur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Simple Random Sampling pada 179 responden, namun berhasil mengumpulkan 185 kuesioner yang valid. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert 1-5 untuk mengukur persepsi responden terhadap variabel kualitas makanan (cita rasa, kesegaran, nilai gizi, variasi menu), kualitas pelayanan (ketepatan waktu, keramahan staf, responsivitas), dan kepuasan karyawan. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas makanan dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan karyawan. Uji t menunjukkan nilai signifikansi kualitas makanan sebesar 0,111 dan kualitas pelayanan sebesar 0,446 (>0,05). Uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,185 (>0,05) dengan nilai koefisien determinasi (R²) hanya 1,8%, mengindikasikan bahwa 98,2% variasi kepuasan karyawan dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Temuan ini menunjukkan perlunya eksplorasi faktor-faktor lain seperti harga, kenyamanan lingkungan, atau kebijakan perusahaan yang mungkin lebih dominan dalam memengaruhi kepuasan karyawan terhadap layanan catering.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Palupi, Tongam Sirait

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.