Pengaruh Kompetensi Kedisiplinan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Organisasi

Authors

  • Yoseph Tipagau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa Bandung, Indonesia
  • Laura Lahindah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i9.2741

Keywords:

kompetensi, kedisiplinan, kualitas pelayanan, kinerja organisasi, Puskesmas Sugapa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, kedisiplinan, dan kualitas pelayanan terhadap kinerja organisasi pada Puskesmas Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tantangan nyata dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di wilayah terpencil, seperti keterbatasan tenaga medis, sarana prasarana, dan kondisi geografis yang sulit dijangkau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melalui penyebaran kuesioner kepada 190 responden yang merupakan pasien Puskesmas Sugapa, Namun pada saat melakukan pengambilan sample hanya 119 Responden yang bisa dilakukan olah data. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kompetensi, kedisiplinan, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Namun secara parsial, hanya kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Adapun variabel kompetensi dan kedisiplinan tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara individu. Temuan ini mengindikasikan bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan seperti keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik memiliki peran krusial dalam mendorong kinerja organisasi di Puskesmas. Penelitian ini merekomendasikan agar Puskesmas Sugapa dan instansi terkait fokus pada penguatan aspek pelayanan serta pembenahan sarana dan prasarana, tanpa mengabaikan pengembangan kompetensi dan kedisiplinan tenaga kesehatan.

Downloads

Published

2025-09-16

How to Cite

Tipagau, Y., & Lahindah, L. . (2025). Pengaruh Kompetensi Kedisiplinan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Organisasi. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(9), 1552–1569. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i9.2741