Pengaruh Religiusitas, Layanan, Kepercayaan, dan Produk Terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah di Bth Ummat Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i8.2805Keywords:
MurabahahAbstract
Pembiayaan murabahah merupakan skema paling populer di lembaga keuangan syariah Indonesia karena transparansi harga pokok dan margin, namun keputusan nasabah tidak hanya ditentukan oleh kepatuhan syariah, melainkan juga kualitas layanan, tingkat kepercayaan, pemahaman produk, serta persepsi terhadap tingkat keuntungan. Penelitian bertujuan ini adalah untuk mengetahui pengaruh. religiusitas, kualitas layanan, kepercayaan, pemahaman produk, dan tingkat keuntungan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah di Baituttamwil Hidayatullah (BTH) Ummat Mandiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan Aplikasi SPSS. Sampelpenelitian berjumlah 58 nasabah, dan berlokasi di BTH Ummat Mandiri Kota Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Religiusitas, Kualitas Layanan, Kepercayaan, Tingkat Keuntungan, dan Pemahaman Produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah di Baituttamwil Hidayatullah (BTH) Ummat Mandiri. Berdasarkan hasil uji t, variabel Religiusitas memiliki nilai thitung sebesar 2,104 (lebih besar dari t tabel 1,671) dengan nilai signifikansi 0,040, Kualitas Layanan memiliki nilai thitung 2,097 dengan signifikansi 0,041, Kepercayaan memiliki nilai thitung 2,355 dengan signifikansi 0,022, Tingkat Keuntungan menunjukkan nilai thitung -2,958 dengan signifikansi 0,005, dan Pemahaman Produk memiliki nilai thitung 2,288 dengan signifikansi 0,026, yang semuanya lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Uji F menunjukkan nilai Fhitung 17,410 yang lebih besar dari Ftabel 3,16, menegaskan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Penelitian ini memberikan bukti kuat bahwa faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh signifikan dalam mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nasiratun Nisa, Abdul Majid, Moh. Mahrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.